Bike to Work, Emang Paling Cocok

Pentingnya adaptasi dengan merubah kebiasaan untuk lebih sehat dalam era baru ini, yakni agar tubuh tetap aman saat kembali berkegiatan. Apalagi, Era New Normal di Indonesia, Corona belum bisa dikendalikan penyebarannya. Oleh karena itu, perlu membiasakan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Berolahraga menjadi hal menyenangkan apalagi jika bisa dilakukan bersama dengan keluarga. Setiap akhir pekan atau setiap hari bagi individu yang bisa menyempatkan. Sayangnya, yang biasanya bisa bersama, kini tidak bisa. Olahraga di masa sekarang pun sebisa mungkin dilakukan sendiri, dan di rumah saja. Tanpa perlu pergi ke gym, atau sarana tempat olahraga umum. Oleh karena itu, dengan bersepeda, bisa merubah kebiasaan untuk lebih sehat tiap harinya. Bersepeda tak perlu mengeluarkan uang bensin karena bahan bakarnya cukup sarapan atau makan dengan cukup. Dan yang pasti, tak perlu menyisihkan waktu untuk sengaja berolahraga karena telah menjadi kebiasaan setiap harinya.

Untuk memulai bersepeda ke tempat kerja, tak perlu program yang rumit. Tinggal lakukan saja, dan mulai terbiasa. Dalam laman sustrans.org.uk memberikan tips mudah untuk mulai bersepeda kembali, serta bagaimana menikmatinya. Untuk lebih lengkapnya, dijelaskan di bawah ini.

Tempat kerja terlalu jauh

Untuk menempuh jarak 2,5 Km, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit mengayuh sepeda. Namun akan lebih cepat jika sudah terbiasa. Jika tempat kerja terlalu jauh untuk dicapai dengan bersepeda, bisa menggunakan kendaraan dan dilanjut dengan bersepeda. Namun, jika jarak menjadi kendala, bersepeda ke tempat kerja bisa dilakukan 2 kali seminggu.

Tidak nyaman bersepeda dengan banyaknya kendaraan bermotor

Jika belum merasa nyaman bersepeda di tengah kota, sebaiknya cari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan dan keramaian. Memilih waktu juga penting, berangkat kerja sepagi mungkin agar suasana masih sepi dan kualitas udara masih bersih. Selain itu, jika sudah lama tidak bersepeda, maka perlu berlatih dulu dan tanyakan pada teman, adakah saran atau rute yang nyaman untuk menuju kantor agar bersepeda ke tempat kerja bisa dinikmati dalam prosesnya.

Kondisi sepeda yang tidak terlalu baik

Jika tidak yakin dengan kondisi sepeda karena sudah terlalu lama tidak dipakai, maka perlu ke bengkel sepeda. Setidaknya agar sepeda dicek dulu sebelum dipakai ke tempat kerja nantinya, agar lebih aman dalam berkendara. Tenang saja, biaya perawatan sepeda biasanya tidak terlalu merogoh kocek dibandingkan kendaraan bermotor.

Terlalu  berkeringat,  saat sampai tempat kerja

Alasan berkeringat ketika sampai tempat kerja biasanya yang menjadi alasan “malas” bersepeda ke tempat kerja. Untuk menyiasati ini, bersepedalah secara santai agar tidak terlalu berkeringat. Dan satu hal, bersepeda tak perlu cepat karena buka perlombaan.

Bagaimana untuk menjaga agar sepeda tetap aman?

Jika dalam konteks aman adalah “anti maling”, maka sepeda yang digunakan sebisa mungkin yang bisa terpantau dan tak perlu ditinggalkan di tempat parkiran. Menggunakan sepeda lipat menjadi jawaban terbaik, namun jika bukan menggunakan sepeda lipat, maka parkirkan di tempat yang memang aman dan bawalah kunci tambahan untuk mengunci sepeda.

Membiasakan diri bersepeda ke tempat kerja akan lebih susah, apalagi jika sudah terbiasa menaiki kendaraan bermotor. Membutuhkan waktu yang lama dari biasanya, serta lumayan lelah jika tempat kerja lumayan jauh jaraknya.

...Namun, jika kamu membaca tulisan ini, kamu sudah punya intensi untuk bersepeda ke tempat kerja. Jadi kenapa tidak coba lakukan saja?

Leave a comment

All comments are moderated before being published