Begini Memakai Masker Kain Yang Tepat

Masker masih menjadi barang wajib yang harus selalu ada untuk dibawa, bahkan sekarang banyak sekali jenisnya. Dari segi warna, bentuk, pattern, semua orang sudah berkreasi dengan masker. Ketersediaan masker sekarang sudah bisa diberikan oleh pasar, tidak seperti sebelumnya. Namun semakin banyak masker yang tersedia, harus bisa memilih dengan cermat mana masker yang nyaman, aman, dan juga awet. 

Seperti info baru-baru ini mengenai pembatasan bahkan pelarangan penggunaan masker scuba. Kemenkes RI bahkan meminta masyarakat untuk menghentikan pemakaian masker scuba karena dinilai tidak aman.

Untuk jenis masker sendiri terdapat tiga yakni N95, masker medis, masker dan kain. Penggunaan masker scuba dan buff dilarang karena masker tersebut hanya memakai 1 lapisan saja, padahal masker yang aman yakni menggunakan minimal dua lapisan. N95 adalah masker yang paling tinggi keamanannya karena sesuai namanya yakni mampu menyaring 95 persen partikel terkecil yang masuk. Lalu, masker medis adalah masker sekali pakai yang digunakan khusus untuk para tenaga medis. Sedangkan masker kain adalah masker yang mudah didapatkan oleh masyarakat dan banyak digunakan untuk tiap kegiatan. Selain karena reusable, masker kain juga tetap berfungsi untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19.

Dengan adanya pelarangan penggunaan masker scuba, maka masker kain menjadi pilihan yang tepat untuk penggunaan sehari hari dalam berkegiatan. Namun, sudahkah memilih masker yang tepat dan benar dalam menggunakannya?

Menjawab pertanyaan di atas, menurut WHO dalam laman www.who.int, cara memakai masker kain yang tepat, dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Cool Mask: Nyaman, Aman dan Memaksimalkan Penampilan

Semakin banyaknya masker kain, menjadi banyak pilihan masker yang kini bisa dipadankan dengan penampilan. Namun jangan sampai salah pilih jenis masker kain. Apalagi yang hanya mengutamakan warna tanpa peduli dengan jenis material yang dipakainya. 

Perhatikan! Memilih masker kain yang tepat yakni ada 3 komponen, 

1. Bahan: Pilihlah masker yang menggunakan material yang lembut atau dengan jaminan kualitas materialnya. Biasanya, hal ini bisa dilihat dari infografis masker  mengenai bahan yang digunakan. Semakin bagus bahan, maka semakin nyaman dan lembut ketika dikenakan.

2. Desain: Pilihlah desain yang mampu mewakili gaya penampilan. Selain style, suasana juga menentukan pilihan desain masker, apakah cocok untuk susana formal atau hanya untuk suasana casual.

3. Kualitas: Memang, untuk menentukan apakah masker berkualitas sebelum membelinya agak susah gampang. Namun, kualitas masker bisa dilihat dari bahan dan warnanya.

Selain 3 poin diatas, memilih tali masker juga menjadi hal yang penting sebagai bahan pertimbangan. Tali masker yang dikaitkan di daun telinga, biasanya semakin lama digunakan semakin sakit. Agar lebih nyaman dalam memakai masker, oleh karena itu pilihlah jenis tali yang nyaman dan lembut untuk dikenakan.

Bagi pemakai hijab, terkadang ada kendala mencari masker dengan tipe headloop sehingga memakai masker tipe earloop yang kemudian ditambahkan konektor tali. Sayangnya, penggunaan konektor ini terkadang kurang praktis sehingga pilihlah masker yang memang didesain sengaja untuk pengguna hijab atau menggunakan headloop. Bagi yang tidak menggunakan hijab, headloop sangat ringkas karena lebih nyaman dikenakan karena tali masker tidak menekan pada daun telinga.

Dari jenis material, desain, fungsi dan kualitasnya, Cool Mask Women memenuhi indikator dalam memilih masker kain yang tepat, yakni lembut dikenakan, tali yang nyaman, dan desain yang original.

Poin utama masker selain keamanan dan kenyamanan untuk kondisi sekarang, yakni desainnya bisa dijadikan alternatif gaya yang sesuai dengan karakter ataupun taste of fashion. Seperti dilihat dalam gambar dibawah ini, StayCool Women meramu gaya casual untuk kegiatan keseharian yang nyaman dengan memaksimalkan penampilan.







Leave a comment

All comments are moderated before being published