Pernah "Worry" Karena Bau Kaki?

Meski bau kaki adalah hal yang umum dan lumrah, apalagi setelah berkeringat karena berolahraga atau melakukan aktivitas seharian, namun tetap saja kita akan bertanya “Apakah kaki saya begitu bau? Bagaimana jika ini tercium ke sekitar?”. 

Tak hanya setelah berolahraga, terkadang ketika beraktivitas seharian membuat kaki lebih gampang lembab dan berkeringat sehingga mengeluarkan bau berlebih di kaki. Apalagi ketika membuka sepatu di tempat umum, biasanya ada rasa was-was karena takut bahwa keringat di kaki menyebabkan bau yang tidak enak dan tercium di sekitar.

Tapi, apakah kaki bau menandakan adanya indikasi penyakit atau hal yang berkaitan dengan kesehatan? Tenang saja, karena pada dasarnya semua orang juga merasakan hal sama. Yakni kaki berkeringat dan bercampur bakteri sehingga menghasilkan paduan yang tak enak dan menempel di sepatu. Namun sayangnya, memang ada sebagian kecil orang memiliki kaki yang sangat bau, karena adanya jenis bakteri Kytococcus Sedentarius yang menempel. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena menurut pakar kesehatan kaki, Lisa Kay Burson dalam laman webiste footandanklespecialistsmi.com menyatakan bahwa bau kaki biasanya mudah diatasi.  

Apa Penyebab Bau Kaki?

Tahukah kamu apa yang menyebabkan kaki kita bisa bau? Apakah karena memakai sepatu dan beraktivitas seharian? Ya, hal tersebut merupakan salah satu alasannya. Karena kaki ditutup sepatu dan mengeluarkan keringat. Tapi hal yang menyebabkan kaki berkeringat lebih yakni karena kita memiliki 250.000 kelenjar di kaki yang notabene lebih banyak dibandingkan area tubuh lainnya. Selain itu, penyebab utamanya adalah adanya bakteri yang hidup di sela jari kaki yang menyebabkan bau tak sedap, apalagi ketika kaki dibungkus terlalu lama.

Perlu diperhatikan, bagi sebagian orang yang menyukai tak memakai kaos kaki, biasanya sepatu dan kaki akan lebih cepat bau dan kotor. Hal ini dikarenakan keringat yang keluar di kaki tak bisa langsung kering dan terserap, namun akan menempel langsung di kaki dan sepatu. Apalagi jika keadaan kotor, maka bakteri penyebab bau kaki (Kytococcus Sedentarius) makin mudah berkembang biak dan tentu saja bau kaki semakin menyengat.

Tips merawat kaki agar tak bau 

Meski bau kaki bisa jadi hal lumrah, namun berikut ini adalah tips agar kaki tak selalu bau. Tentu saja, agar kita tak begitu malu dan was-was saat harus melepas sepatu di publik. 

  1. Jaga kaki tetap bersih dengan menyikatnya secara teratur. Hal ini bisa kita lakukan saat mandi sore atau pagi. Bersihkan dengan teliti terutama sela jari kaki karena bagian ini tempat bersarang bakteri.
  2. Setelah dibersihkan, keringkan kaki dengan handuk dan jaga kaki untuk selalu kering. Karena saat basah dan lembab, bakteri akan tumbuh lebih banyak dan membuat kaki makin bau.
  3. Gunting kuku lebih pendek sehingga tidak ada kotoran yang berada di sela kuku, dan pastikan membersihkan kuku secara teratur.
  4. Selain itu, bersihkan kulit mati disekitar kaki dan juga ganti kaos kaki setiap hari jika kamu berada di lingkungan panas dan dalam situasi dimana kamu sering berkeringat.
  5. Ketika setelah berkegiatan, lepas sol sepatu dan bersihkan/keringkan agar tidak kotor dan bau.
  6. Dan yang terakhir adalah, pakai kaos kaki yang mumpuni untuk menyerap keringat dan menjaga kaki tetap dingin dan kering.
Kamu sangat perlu mempertimbangkan bahan kaos kaki yang kamu pakai. Jangan karena bagus warnanya, tapi malah menggunakan material yang tidak menyerap keringat, bahkan panas dan cepat bau. Mengapa memilih kaos kaki begitu penting tak hanya warna tapi juga fungsinya? Karena memilih kaos kaki yang tepat lebih mudah. Jika kaos kaki kotor, maka kita hanya perlu mencuci tiap hari. Tidak seperti sepatu, kita tak mungkin mencuci sepatu tiap hari karena itu akan menyulitkan. 
Bau kaki menjadi hal lumrah karena aktivitas kita yang membuat kaki berkeringat, apalagi bagi para atlet. Namun tenang saja karena hal ini masih bisa diatasi dengan menerapkan tips di atas dan tentu saja menggunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat, tetap dingin, dan tak meninggalkan bau tak sedap. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published