STRIPES : FROM DEVIL, INTO FASHION KING

 

Pattern stripes menjadi pattern yang sangat mudah ditemukan di sekeliling kita. Kalian bisa cek berapa baju atau kaos kaki dengan pattern stripe yang kamu miliki?

Selain menjadi hal yang biasa, stripes cukup masuk untuk semua gaya. Bahkan dari anak-anak hingga orang tua, stripes menjadi fashion yang melebur dengan semua gaya. 

Kepopuleran stripes di seluruh dunia menyimpan cerita yang menarik dibaliknya. 

THE DEVIL’ S CLOTH

Secara historis, stripes adalah pattern yang hanya digunakan oleh orang-orang dengan “kelakuan tidak baik" dan orang yang mendapat opini negatif di kalangan sosial. Bahkan menurut arsip lokal Perancis pada tahun 1310 di bagian Perancis Utara yang dimuat dalam laman stylecircle.org, bahwa seorang tukang sepatu dihukum mati karena memakai jenis pattern stripes.

Stripes menjadi The Devil’s Cloth karena para narapidana memakai jenis pattern ini, tujuannya yakni agar memudahkan identifikasi jika seorang napi kabur. Meski di awal abad 20 Amerika telah mengganti seragam narapidana tidak lagi stripes karena menjadi beban rasa malu, namun konsep stripes masih belum punah dan identik dengan narapidana.

FROM DEVIL, INTO FASHION KING

Stripes tidak identik lagi sebagai narapidana atau orang yang terabaikan di komunitas sosial. Selain tidak menjadi rasa malu, jenis stripes menjadi fashion yang populer semenjak Ratu Victoria mendandani putranya yakni Albert dengan gaya busana seperti pelaut saat pergi ke Royal Yacht pada tahun 1846. Semenjak itu, stripes menjadi populer dan fashion global. Stripes horizontal menjadi seragam para pelaut karena mudah untuk mengidentifikasi anak kapal yang terjatuh. 

Kepopuleran stripes juga membuat designer Gabrielle ‘Coco’ Chanel jatuh hati. Ketika ia berlibur ke bagian Pantai Utara Perancis dan melihat para pelaut, ia terinspirasi untuk membuat koleksi minimalist di tahun 1917 dan terkenal dengan sebutan “breton”. Atasan Breton ini dipakai oleh selebriti papan atas seperti Marilyn Monroe dan Audrey Hepburn, yang kemudian bisa dikenakan oleh semua golongan kelas sosial pada abad 20.

STAYCOOL STRIPES MODE

Tak hanya pada busana, namun trend stripes juga muncul melalui kaos kaki. Bahkan, kaos kaki sebagai peraturan terbaru dalam dunia fashion. Tak hanya fungsional namun juga mengedepankan desain, seperti halnya StayCool Socks.

Koleksi stripes dari StayCool patut menjadi "must have item" bagi penggemar seperti kamu. Setiap pasang kaos kaki stripes StayCool memiliki desain dan mood yang berbeda, selalu unik di pasangkan dengan berbagai macam busana. 

Ketika berbicara padanan, celana atau bawahan akan menjadi poin utama pilihan kaos kaki yang seperti apa. Namun, dengan mood stripes StayCool, kamu bebas untuk padankan apapun karena desain dan warnanya 

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published