Terbaik nan Ringkas, Sepeda Lipat Jadi Pemenangnya

Sepeda Lipat atau disingkat seli menjadi terkenal semenjak banyak orang yang tergabung dalam komunitas Bike to Work, yakni bersepeda menuju tempat kerja. Sepeda lipat menjadi pilihan yang tepat untuk para pekerja karena mudah dibawa dan tidak memakan banyak ruang. Semenjak itu, sepeda lipat menjadi banyak incaran baik untuk anak-anak sampai dewasa. Bahkan, kisaran harganyapun tak tanggung-tanggung. Sepeda lipat yang terkenal yakni berasal dari Inggris dengan kisaran harga 18 juta sampai 90 juta atau bahkan lebih. Namun, di Indonesia, banyak varian sepeda lipat yang bisa didapatkan dengan harga yang lumayan terjangkau tergantung dengan jenis dan mereknya.

Adakah keinginan untuk mulai bersepeda kembali? Tentunya untuk gaya hidup yang lebih sehat di masa The New Normal ini. Sebelum membeli sepeda lipat, 10 alasan sepeda lipat menjadi sepeda terbaik dikalangannya menurut laman bikeice.org akan dijelaskan berikut ini.

  1. Bisa Dibawa Kemanapun Pergi

Banyak yang menyebut seli sebagai sepeda anti maling. Hal ini bisa dibuktikan karena sepeda lipat sangat mudah untuk dibawa kemana saja sehingga aman dan terpantau. Untuk beberapa seri, bahkan sepeda lipat bisa diringkas menjadi lebih kecil dan tidak membutuhkan banyak ruang. Taruh di bawah meja kerjapun tak akan ada yang sadar bahwa itu adalah sepeda. Begitu mudah dan ringkas untuk dibawa kemana-mana.

  1. Membuat Lebih Keren

Meskipun ada beberapa stigma mengenai sepeda lipat, bahwa “seli” bukan sepenuhnya sepeda, terlalu kecil untuk orang dewasa, atau seperti pemain sirkus. Namun, sebenarnya hal tersebut tergantung pada apa yang kamu pikir tentang sepedamu. Ketika membawanya dalam tas belakang, atensi orang akan mudah mengarah dan berpikir bahwa “ wah, orang itu hidup sehat dan seimbang dengan kerjanya”. Ketika sudah bisa membuka dan melipat dengan mata tertutup dengan hitungan detik, kamu akan menjadi keren. Seakan melakukan sulap dengan sekejap. Buka sepeda dan kayuh dengan percaya diri, membuatmu lebih keren di sepanjang jalan yang kamu lewati.

  1. Sepeda Lipat Sangat Praktis

Setelah turun dari commuter line, kamu bisa langsung kayuh menuju tempat tujuan. Menjadi praktis sebagai kelebihan setelah anti maling. Ketika ingin menepi atau beristirahatpun lebih mudah, tinggal melipat dan letakkan sepeda di sisi kita. 

  1. Ringkas dan Tak Boros Ruangan Saat di Transportasi Publik

Dimanapun kamu berada, seli ringkas dan tak memakan banyak tempat, bahkan bisa ditaruh di bagasi mobil. Menjadi paling pas ketika hidup di apartemen dengan kendala ruang kosong. Tinggal lipat dan bawa masuk kamar, senderkan di samping lemari buku atau dekat rak sepatu. Mudah.

  1. Biaya Perawatan Rendah

Biaya perawatan lebih efektif karena tidak perlu mengeluarkan biaya parkir, biaya bensin, dan pembayaran asuransi. Dengan mengecek keadaan ban, rantai, dan lampu sudah cukup untuk menjadi alasanmu bergegas. Hal yang dibutuhkan adalah mekanik sepeda, atau konsultasikan dengan rekan yang ahli dalam hal sepeda.

  1. Lebih Menyehatkan Paru

Bergegas ke kantor saat pagi, udara masih sejuk dan sinar matahari tidak terlalu panas. Akan lebih bersemangat menjalani hari dengan mengayuh di pagi hari, dibandingkan duduk di dalam mobil tanpa bertemu udara dan matahari pagi. Bahkan, dalam studi penelitian, pengendara dan penumpang kendaraan bermotor lebih terpapar polusi udara dibandingkan pengendara sepeda. Jadi lebih memilih mana?

  1. Pemicu Obrolan

Orang lain akan berpikir bahwa kamu seorang iadelis dan melihat keseimbangan dalam pekerjaan dan hidup sehatmu. Ketika orang melihatmu membuka atau melipat sepeda, setidaknya ada rasa penasaran yang membuat mereka untuk mulai bertanya dan memulai obrolan selanjutnya.

  1. Berolahraga Tanpa Harus Berpikir Untuk 'Berolahraga'

Tentu saja dengan bersepeda tak perlu berpikir untuk ke gym karena bersepeda sudah termasuk berolahraga. Meski sebenarnya tak perlu sepeda lipat atau sepeda biasa karena bergerak aktifpun sudah termasuk olahraga tanpa perlu secara formal menyebutnya.

  1. Mudah Digunakan

Semua sepeda mudah digunakan. Untuk hal yang spesial dari seli, yakni saat membuka dan melipat sepeda saja, dan ini tidak membutuhkan waktu lama dan tentunya sangat mudah. 

  1. Tidak Akan Turun Nilai

Seli tidak akan cepat turun nilainya. Bahkan jika ingin menunggu beberapa bulan agar harga lebih rendah, hal itu tak mungkin. Karena tiap tahun bahkan harga seli lebih tinggi. Lalu, ketika ingin membeli sepeda versi lain, kamu bisa menjualnya dan menambah beberapa cash untuk mendapatkan sepeda baru tersebut. Untuk beberapa orang, membeli seli bisa dijadikan sebuah investasi. 

Begitulah 10 alasan kenapa sepeda lipat adalah yang terbaik. Bagaimana, sudah siap bersepeda kembali?

Leave a comment

All comments are moderated before being published