Paisley: Pattern Eksotis Dengan Nilai Historis

Perjalanan panjang pattern Paisley memang perlu dinarasikan agar semua orang tahu betapa mewah dan populer Paisley sejak dulu. Seperti yang dilansir dari laman bbc.com pada artikel yang bertajuk Paisley: The story of a classic bohemian print, bahwa Paisley adalah sebuah pattern ikonik yang  berasal dari Persia dan India kuno, yang sudah melewati perjalanan sangat panjang. Menempuh jalur sutera atau secara historis dikenal dengan The Silk Road, lalu menjadi ikon para koboi, rider motor, kemudian menjadi lambang yang mewakili tren rock n rolls yang dibawakan oleh The Beatles di abad 19 dalam era hippisnya. Lalu, sekarang di tahun 2021, Paisley sedang diusahakan untuk menjadi bagian dari UK City of Culture oleh Inggris.
Beragam desain Paisley juga dipamerkan di Liberty of London di Fashion and Textile Museum. Dalam Pameran tersebut, Anna Buruma seorang arsiparis Liberty of London,  juga menjelaskan bahwa Paisley sudah sejak awal dikaitkan dengan  Liberty of London, ketika mereka menjual kain, porselen, karpet, dan syal dari Timur. Lalu di tahun 1880-an, mereka juga mencetak kain mereka sendiri dengan gaya Paisley.

Lalu, Mengapa Paisley bisa begitu luar biasa dalam sejarah dunia?

Kekuatan simbolisnya mungkin berperan. Motif seperti tetesan dalam Persia diyakini mewakili bunga dan juga pohon cemara yang dipenuhi dengan bunga, yang merupakan simbol kehidupan dan keabadian oleh Zoroaster. Bentuknya yang seperti biji juga diyakini mewakili kesuburan, terkait erat dengan agama Hindu, dan memiliki kemiripan yang menarik dengan simbol Yin dan Yang yang terkenal. Pola ini masih sangat populer di Iran dan negara-negara Asia Selatan dan Tengah. Saking Berharganya, pattern ini ditenun di atas sutra dan wol halus menggunakan benang perak dan atau emas untuk pernikahan dan perayaan lainnya.

Eksotisme Paisley StayCool

Eksotisme Paisley tidak hanya mengambil hati dari sisi historis saja bahkan menjadi ikon masa muda David Bowie. Yakni, dengan fearless fashionnya dengan kemeja Paisley yang akan muncul ketika kamu googling “bowie and paisley”. Eksotisme ini juga mengambil hati StayCool untuk bisa menghadirkan kembali dalam bentuk yang bisa kamu pakai sehari-hari. Dari segi kenyamanan dan keamanan melalui masker dan kaos kaki. Tapi, ada yang beda. Ada yang tahu dari sisi mana Paisley StayCool berbeda?

 

Nah, detail pattern Paisley kali ini memang menyuguhkan keunikan dari StayCool. Di bagian dalam, terdapat aksen 'Skull' yang terjebak dalam lingkaran yang berbentuk seperti tetesan air mata ini. Menjadi unik karena menyuguhkan rasa StayCool dalam pattern yang kaya dengan nilai historis, lalu dikemas dengan cara eksotis. Untuk itu, patut menjadi fashion icon dan memasangkannya dengan outfit agar tampilan makin menarik.

Temukan koleksi lengkapnya pada link berikut ini. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published