StayCool x Heaven : Sebuah Kolaborasi Atas Nama Konsistensi

 

Saat ditemui di markas Heaven, Soffi Gahara yang kerap dipanggil Soffi menyambut kami dalam “surganya”, dan suasana akrab langsung menyelimuti Heaven Skateboard sebagai skateshop yang melegenda. Bukan berlebihan, skateshop yang digawangi 6 sekawan ini mampu melewati dekade, dan hingga saat ini tetap eksis meski akhirnya Heaven Skateboard dikendarai oleh Soffi saja.

Mengawali di tahun 2007, Heaven Skateboard dilahirkan dengan meniupkan ruh ke dalamnya dan mulai menghidupkannya dengan membangun brand image skate. Melalui  “Heaven Java Tour 2017”, Heaven Skateboard mendapat feedback positif dan bisa cepat mendapat scene skateboard di tanah air. Dalam inisiasi tur tersebut, Heaven melakukan check spot, yakni dengan melakukan sesi filming dan photo di spot lokal di berbagai kota di Pulau Jawa. Tak ketinggalan juga, sharing bersama rider skateboard lokal di berbagai kota yang dikunjungi.

Made By Heaven

Dalam obrolan santai dengan tim StayCool, Soffi mengungkapkan makna mendasar di balik satu nomina, yakni skate. Bagi dirinya, melalui skate, ia membangun sebuah brand bermakna yang mengakar pada filosofis dan attitude yang dibangunnya. Bisa disimpulkan, skate attitude  yang melandasi eksistensi Heaven Skateboard sampai bisa bertahan sampai saat ini.

Ketika diulik lebih dalam, alasan memakai nama “Heaven” bukan hanya arti “surga” yang mampu menyediakan segalanya. Tapi sebuah mimpi untuk membangun “surganya” sendiri, yaitu sebuah brand yang hanya berfokus pada skate saja. Akhirnya, mimpi ini direalisasikan dan dimulai di Jalan Riau No.18 atau lebih dikenal dengan nama 18Park. Di koordinat 18Park itulah skateshop dan skatepark dikelola oleh para “punggawa” Heaven ini.

Ketika berkunjung ke Heaven, memang terlihat bahwa Heaven menjadi ranah yang menyediakan segala kebutuhan para skater Bandung. Menjadi tempat bernaung dan ajang ekspresi diri para skater sejak tahun 2007. Sejalan dengan namanya, Heaven Skateboard menjadi surga para pegiat olahraga skate, sebagai tempat untuk mendapatkan kebutuhan alat skate hingga tempat berlatih untuk melewati limit diri. Klasik, memang skateshop berfungsi sebagai penyedia kebutuhan. Namun yang berbeda, Heaven tetap konsisten memegang roots skate dengan attitudenya.

Dedikasi Tak Mengenal Henti

Seperti yang diungkapkan Soffi sebelumnya, mulanya Heaven Skateboard digawangi oleh 6 sekawan yang memiliki minat dibidang yang sama, yaitu Soffi, Gatot, Firman Boesly, Adymas Haryo, Nova Boesly, dan Tiko. Meski pada akhirnya ia (baca: Soffi) yang bertahan pada ranah skate ini.  Itulah sebuah proses, Heaven tetap ada dan konsisten menjadi media ekspresi para skater di Bandung. Menjadi surga, tempat bermain, tempat berlatih, serta tempat segala pernik yang dibutuhkan para skater. Menjadi legenda dan tetap menjaga eksistensi para skater. Menjadi nadi para pegiat olahraga skater, yang selalu menghidupkan trend skater di Bandung.

Melalui proses panjang ini, Heaven layaknya media Transfer Experience pada para pegiat skate yang datang ke markasnya. Soffi Mengawali skate sebagai hobi dan mendalaminya sehingga bisa memberikan ilmu tersendiri para pemula yang datang ke “surganya”.  Mengerti  celah skate, sehingga bisa mengenali kualitas dan kenyamanan yang dicari oleh konsumen. Dengan begitu, para rider pun mendapat alat skate dengan jaminan kualitas.

Berkontribusi melalui sebuah gerakan menjadi ciri khas Heaven. Bisa dibilang, Heaven tidak hanya diam dalam surganya, menunggu para pendatang untuk menyambanginya. Namun, aktif melakukan kegiatan yang bertujuan murni untuk skate agar semakin meriah skate scene yang ada di Bandung.

“Dulu kita sering bekerja sama dengan organisasi skate Indonesia ISA,FSI juga brand yang mengadakan kompetisi skate nasional di skatepark 18Park. Dan alhamdulillah dulu kita sempat menghibahkan beberapa obstacle yang sengaja dibuat di GOR Saparua ke sebuah kampus di Bandung untuk kegiatan event kompetisi skate, dan hingga sekarang pun Heaven sendiri sering mensupport event-event skate di Indonesia”

COVID-19, Is It Okay?

Ketika obrolan mengarah pada suasana pandemi saat ini, yakni Corona, Soffi mengungkapkan bahwa tidak ada bedanya dengan kebanyak brand, semua mengalami kendala dan begitu juga dengan Heaven. Untuk Heaven sendiri, Soffi menjelaskan bahwa banyak barang impor yang terkendala dalam pendistribusiannya. Meski begitu, ia juga berpikir positif dengan adanya kendala ini, bahwa setidaknya para pelaku brand akan memeras energinya untuk lebih berpikir kreatif untuk menghadapi kendala ini. Meluncurkan ide dan inovasi yang sesuai dengan napas brand.

Hal menarik saat berkunjung ke Heaven skate, selain tersedia segala alat kebutuhan skate, hal yang akan menarik atensi yakni mini skate park yang berada tepat di depan skateshop. Meski tak seperti skate park di awal berdiri, yakni saat Heaven masih berada di  18Park.

“Sebuah bentuk dedikasi kita yakni membuat mini ramp, atau lebih tepatnya micro ramp, yang pada nantinya bisa dimanfaatkan teman-teman komunitas skate di Bandung, dan pastinya konsumen bisa mencoba menjajal perangkat skate langsung saat menyambangi skateshop”

Ketika berbicara mengenai skateboard, Soffi menyatakan bahwa skate bukan sekadar hobi saja, namun sebuah gaya hidup. Menurutnya, seiring berkembangnya zaman, skate tidak mati karena semakin banyak peminat dalam gaya hidup ini.

Jika berbicara zaman dulu, kembali pada dekade awal Heaven berdiri, masih sulit dalam mendapatkan perlengkapan skate karena rata-rata peralatan skate berasal dari luar negeri. Sedangkan sekarang, peralatan semakin mudah didapat. Selain itu, pergeseran tren juga ke arah lebih baik dengan semakin banyaknya rider skateboard dan brand skate lokal yang muncul dalam meramaikan skate scene Indonesia. Dengan begitu, movement baru juga semakin ramai untuk memberi semangat pada skater generasi mendatang.

Apresiasi Atas Konsistensi

Dengan konsisten, Heaven Skateboard berhasil menunjukan eksistensinya dan mampu dilirik brand untuk berkolaborasi dalam kegiatannya, salah satunya yakni StayCool. StayCool melihat adanya kegigihan dalam menjalankan sebuah passion. Heaven Skateboard sudah 13 tahun berdedikasi pada ranah yang sama, yakni skater. Dengan histori tersebut, sangat patut bahwa StayCool memberikan ibu jari pada Heaven atas nama apresiasi atas konsistensinya dalam berdedikasi.

“Setelah melihat beberapa movement StayCool di sosial media serta konsen StayCool di segmen skateboard seperti mensponsori beberapa riders, tentunya dengan senang hati ketika StayCool mengajak kolaborasi dengan Heaven. Selain membangun sebuah hubungan erat kedua brand yang berbeda, tentunya akan membuat nafas baru di dunia skate itu sendiri”

Dengan nafas yang sama yakni mencoba tetap setia pada prosesnya, StayCool antusias dalam berkolaborasi dengan Heaven yang tetap setia dalam menjalankan passionnya. Melalui kolaborasi StayCool x Heaven Skateboard, StayCool menyuguhkan kolaborasi dari semangat tinggi Heaven Skateboard, melalui sepasang warna merah yang mewakili gairah. 

Leave a comment

All comments are moderated before being published