StayCool X Not Available: Konsistensi Band Punk Jerman, Tetap Berkarya Tanpa Berpikir Usia

Not Available sebagai band yang terbentuk tahun 1992 di Jerman dengan diskografi  album yakni Burp 1996, Resistance is Futile 1997, fezzo 1999, V8 2020,  dan 5 Aces di tahun 2007. Meski 28 tahun telah berlalu semenjak terbentuk, mood festive ketika mereka manggung pun tak bisa dikendalikan. Semakin bertambah usia, spirit mereka tetap menyala.  Hal yang dianggap sepele seperti tetap fokus dan terus berlatih sangatlah kami apresiasi. Memang, hal tersebut terlihat sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa.

Ikon belalang dengan tinjunya menjadi hal unik dan memiliki kesan kuat sebagai karakter Not Available Band. Ikon ini muncul pada album Resistance Is Futile tahun 1997 dengan 14 musik di dalamnya.  Lalu, desain cover album yang keluar di tahun  2017 dengan judul Grand Punk juga memberikan kesan tersendiri.  Bisa dilihat pada gambar di atas, bahwa desain album versi Grand Punk dengan 13 lagu di dalamnya seakan mewakili spirit Not Available Band yang akan selalu berkarya tanpa berpikir usia sebagai kendala. 

Band yang berasal dari Jerman serta berlandas musik punk ini berhasil mengambil perhatian StayCool. Spirit dari mulai mengcover lagu, lalu memproduksi album mereka sendiri, hingga tetap berkarya sampai 28 tahun ini menunjukan kesetiaan mereka pada sebuah proses. Dan hal itu yang juga dilakukan oleh Staycool yakni #LoyalToProcess. Yang awalnya mereka demam karena inspirasi band panutan yakni Nirvana, Metallica and Bad Religion,kini  mereka menjadi demam tersendiri di berbagai negara. Proses ini sangat patut diacungi jempol. 

The Beginning 

Semenjak awal mereka pun tak menyangka bisa langsung melejit sebagai band indie melalui demo albumnya yang pertama. Pada tahun 1996, pertama kali mereka mengirim demo ke indie label yakni Lost & Found Records di Hannover, sebagai perusahaan rekaman indie. Di tahun tersebut pula mereka memenangkan kontrak dan melakukan penandatangan perjanjian bersama rumah rekaman tersebut. Setelah penandatanganan, mereka merilis EP(Extended Play) atau mini album dengan judul Brup dengan 6 lagu di dalamnya.

Kesuksesan dalam memenangkan rekaman ini merubah segala. Awalnya, panggung mereka berada di klub lokal dengan penonton 80 orang. Setelah album Burp rilis, mereka harus melakukan perjalanan bahkan sampai 300-2000 Km dan bertemu dengan para penonton dan penggemar yang bersorak sekaan ‘gila’ bahkan dengan menyerang pagar pembatas konser. Ya, sangat antusias!

Perubahan ini, membuat Not Available Band tidak beristirahat dan terus untuk menulis musik mereka. Apalagi semenjak Lost and Found Records mendistribusikan album mereka secara worldwide, dengan begitu CD dan musik mereka tersedia dan didengarkan di seluruh dunia. Bahkan mereka mulai mendapat surat fans yakni secarik kertas dari penggemar yang ditujukan pada Not Available dari Afrika Selatan, Brasil, Amerika, Australia, dan juga dari Indonesia.

Melanjutkan dengan ketenarannya, Not Available di tahun 2009 juga merilis album dengan judul Worst Hit di Jepang. Melalui album sebagai jawaban bagi para penggemar yang menunggu kehadiran mereka kembali dan album ini juga tercatat sebagai album yang  sangat ramai dari segi permintaan. 

Melalui EP Burp kemudian album lainnya, menjadikan Not Available berkesempatan untuk tampil satu panggung bersama  NOFX, LagWagon, No use for a name, Ignite, Mad Caddies, Madball, Toy Dolls, Sepultura, Sportfreunde Stiller, Napalm Death, Die Happy,Donots, Satanic Surfers, Undeclinable, The Real Mckenzies, Cranberries, Such a Surge, Die Kassierer, Farmer Boys dan banyak lainnya. 

Satu dekade sejak ke Indonesia Not Available masih dirindukan banyak penggemar. Kegiatan mereka bisa kita ikuti dalam halaman Facebook Not Available Band. Di sana banyak kabar terbaru meski mereka belum bisa tampil di Indonesia lagi. Jika ingin koleksi merch Not Available, mereka juga meluncurkan kaset vinyl dengan edisi terbatas khusus untuk album V8.  Jika kalian bagian dari penggemar yang merindukan Not Available Band kembali lagi ke Indonesia, bisa obati dengan koleksi resmi StayCool yang berkolaborasi dengan not available. 



Credit photo by Not Available Facebook

Leave a comment

All comments are moderated before being published