Menjadi Trend Dunia: Skateboard dan Sejarahnya

Skateboard muncul ketika seorang selancar ingin melakukan selancar  secara tidak biasa, yakni melakukan selancar bukan dengan media air di pantai, melainkan di jalan. Tren ini muncul di tahun 1950-an di California dan tidak bisa dibuktikan siapa yang pertama kali  melakukan selancar di jalan tersebut. Selain itu, selancar di jalan menggunakan papan skateboard yang sampai sekarang masih belum jelas siapa penciptanya. Oleh karena itu, banyak orang yang mengklaim bahwa mereka adalah pencipta tren tersebut, tren selancar di jalan menggunakan papan (skateboard).

Meski belum jelas siapa pencetus tren ini, namun tren ini mampu populer dan sampai ke penjuru dunia. Dalam laman livebaout.com, menjelaskan bagaimana skateboard mulai populer, redup, dan akhirnya menjadi olahraga ekstrem populer dimasa kini.

Simak penjelasan singkat perjalanan skateboard di bawah ini.

 

Awal Skateboard

Papan seluncur ini awalnya terbuat dari papan atau kotak kayu yang di bagian bawahnya diberi roda kecil dengan memakai bagian roda dari sepatu roda. Pada masa awal kemunculan selancar di jalan ini, banyak orang yang terluka saat melakukan skate. Pada masa itu, gaya skateboard yakni masih freestyle. Namun, bukan freestyle yang kita bayangkan seperti sekarang, melainkan  gaya bebas skate jaman dulu yang lebih terlihat seperti menari balet dengan papan seluncur. Skater yang terkenal pada masa itu adalah Torger Johnson, Woody Woodward and Danny Berer.

Skaterboard Meredup

Di tahun 1965 skateboard mulai meredup kepopulerannya. Banyak orang mengira tren bermain skate sudah tidak ada. Perusahaan gulung tikar dan untuk mendapatkan papan skate sudah tidak mudah. Kebanyakan orang  hanya akan mendapatkannya bukan melalui membeli, tapi  dengan membuatnya sendiri. Meski begitu, masih banyak orang yang suka meski sudah tidak ada lagi perusahaan yang memproduksi.

Pada saat itu para penggemar skate berlatih dengan skateboard buatan sendiri, bahkan rodanya terbuat dari lempung yang sangat bahaya untuk latihan dan susah di kendalikan untuk melakukan selancar.  Di tahun 1972, Frank Nasworthy melakukan inovasi pada roda skateboard, yang awalnya lempung menjadi lebih baik.  Dan pada saat itu, roda skate inovasi Frank mulai populer dan dengan ini mengangkat tren skateboard kembali.

Skateboard Evolution

Di tahun 1975, skateboard melejit sebagai cabang olahraga dengan banyaknya cabang kontes yang diselenggarakan di California. Dalam Ocean Festival dan kontes freestyle, orang-orang disuguhkan cara seluncur skate yang menakjubkan oleh tim Zephyr. Banyak orang tidak menyangka bahwa tim Zephyr bisa melakukan gaya luncur yang beda dan keren. Pada saat itu, olahraga Skateboard langsung melejit ketenarannya dan orang-orang ingin menjadi seperti tim Zephyr.

Beberapa tahun setelahnya, 1978, seorang bernama Alan Gelfand atau Ollie membuat revolusi pada gaya skateboard. Dan trik pada masa kini adalah berbasis pada gaya trik flip yang dilakukan Ollie. Bahkan namanya diukir dalam Skatebaord Hall of Fame 2002 dan nama Ollie menjadi nama trik skateboard kini.

Redup Kembali

Meski meroket dengan cepat satu windu sebelumnya, skateboard kembali  meredup karena olaharaga ini dianggap berbahaya. Meski taman untuk skate sudah dibangun, namun untuk kebutuhan asuransi semakin tinggi. Selain itu dikarenakan semakin sedikitnya pengunjung taman dan orang yang bermain skateboard, menjadikan tren ini mulai redup kembali.

Lalu, di tahun 80-an, skate menjadi kegiatan underground para kaum muda. Di tahun 90-an, Skateboard bertambah sepi dan berubah menjadi kategori olahraga jalanan. Namun di masa itu juga dibarengi dengan kemunculan musik punk yang menyuarakan kekecewaan, sehingga muncul banyak istilah Angry Skater Punk. Namun, dibarengi munculnya jenis musik itu, Skateboard malah menjadi populer. Bahkan, muncul usaha yang berkaitan dengan Skateboar dan banyak kreativitas timbul dalam karya Skateboard.

Olahraga Ekstrem

Pada tahun 1995 dilaksanakan kompetensi Skateboard di Rhode Island oleh ESPN dan sangat berkontribusi dalam membuat kaum muda dan masyarakat tertarik dengan Skateboard. Games ini sukses besar sehingga masyarakat mulai menggemari skateboard lagi. Lalu, Skateboard yang awalnya olahraga jalanan brubah menjadi cabang olahraga ekstrem di tahun ini.

Skateboard menjadi arus utama         

              

Di tahu 2000-an banyak hal komersil berkaitan dengan Skateboard bahkan sampai video game dengan mengusung tema skateboard. Semakin banyak keuntungan karena skateboard kembali menjadi populer. Contohnya, semakin banyak dibangun skate park dan juga mulai banyak perusahan yang berkreativitas dalam menciptakan papan skate.

 

Hal paling istimewa dari olahraga skate ini yakni, bahwa olahraga ini adalah olahraga individu yang mampu  memotivasi diri sendiri sampai melewati limit diri. Bebas berekspresi dan tidak ada pakem yang kental. Kita bisa membuat trik sendiri, serta berkreativitas tiada henti.

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published