Tips Anti Cedera untuk Skateboard Pemula

Skateboard sepertinya sudah menjadi bagian hidup dari anak muda sejak dulu sampai sekarang. Bahkan di zaman sekarang, semakin bayak kaum muda yang tertarik dengan olahraga skateboard. Biasanya sih para pemain skateboard yang sedang berlatih bisa dilihat di taman pusat kota atau taman skate sebagai arena khusus bermain skate. Bahkan ada yang berlatih di dalam kampus-kampus meski tidak ada skate park di sana. 

Trik skateboard yang seakan bisa terbang bebas di udara memang sangat menakjubkan dan membuat banyak orang menjadi ingin mencobanya. Namun, trik ini memang sangat sulit bagi yang baru banget merambah dunia skateboard. Trik yang keren dan terlihat indah di mata ini, butuh kemampuan yang tinggi dan jam terbang tinggi. Untuk yang baru menekuni dunia ini, kamu harus tahu apa saja yang harus  dipelajari sebelum merambah ke latihan sehari-hari. 

Yang paling utama selain berlatih, yakni pengetahuan dalam skateboard agar  bisa berlatih dengan benar. Harus sadar bahwa latihan dasar juga sarat akan bahaya, karena badan belum terbiasa dan saat jatuh bisa terkena cedera. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelindung untuk tangan, kaki, dan kepala saat berlatih. Latihan dasar ini tidak terlalu membutuhkan waktu lama, jadi kamu bisa bersenang-senang dan tetap aman. Ada 3 komponen yang perlu diperhatikan dan latih terus sebagai pemula. Yang pertama yakni belajar memasang skatebord, belajar melakukan gerakan maju, dan mampu untuk berhenti.  

Buat yang baru merambah dunia skate, selamat dan semangat. Jangan terburu-buru untuk langsung bisa. Kamu harus tahu bagaimana dasar skate agar dalam berlatih tetap aman. 4 hal yang perlu diperhatikan bagi pemula yakni seperti yang dijelaskan seperti dibawah ini: 

  1. Tentukan papan yang paling cocok 

Papan skatebord ada dua jenis yakni klasik dan longboard. Papan ini cocok buat yang memang ingin meluncur di jalanan dan melakukan banyak trik bebas. Sedangkan Longboard adalah papan skate dengan ukuran 2 kali panjang skate klasik. Longboard cocok untuk pemula yang hanya ingin belajar meluncur dari ketinggian. Sayangnya, untuk longboard akan susah melakukan trik skate, namun jika ingin meluncur di jalanan tanpa perlu banyak trik, papan ini menjadi pilihan terbaik. 

  1. Memakai outfit yang aman dan nyaman 

Pilihan pakaian, sepatu dan alas kaki mempengaruhi keamanan. Semakin nyaman, maka semakin bebas melakukan trik. Untuk alas kaki, pilihlah alas kaki yang lumayan empuk saat melompat dari ketinggian. 

  1. Bergabung dengan komunitas 

Dengan bergabung ke komunitas, banyak hal baru yang terbuka lebar. Kamu bisa terjun langsung dalam pembelajaran dan pengalaman. Gunakan kesempatan ini untuk terus bertumbuh dan berlatih. 

  1. Berlatih jatuh yang aman 

Hampir setiap hari kamu akan jatuh dari papan. Oleh karena itu, berlatih untuk jatuh yang aman agar menghindari kemungkinan cidera terjadi. 

 

Jangan lupakan informasi dasar dalam latihan, agar tetap aman serta nyaman.

Nah, udah siap untuk meluncur dengan papan skatemu? 

Leave a comment

All comments are moderated before being published