Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: COOLMAX : 10 Jawaban dari Pertanyaanmu Mengenai COOLMAX

COOLMAX : 10 Jawaban dari Pertanyaanmu  Mengenai COOLMAX

COOLMAX : 10 Jawaban dari Pertanyaanmu Mengenai COOLMAX

COOMAX adalah material yang cepat kering dan tetap dingin meski dipakai beraktivitas seharian. Material ini dibutuhkan bagi seorang yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Contohnya yakni berolahraga, berlari, hiking, dan lainnya.

COOLMAX juga sudah populer di kalangan kita sebagai materi yang nyaman dan tetap dingin meski badan kita sedang panas dan berkeringat. Namun, selain cepat kering dan dingin, apa sih sebenarnya COOLMAX? Dari banyak pertanyaan dari rasa penasaran kamu, berikut ini adalah 10 jawaban dari pertanyaanmu mengenai Coolmax.

Dari mana asal COOLMAX?

COOLMAX adalah inovasi eksklusif yang diproduksi oleh Invista, dan berasal dari the Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Invista adalah perusahaan tekstil yang membuat kain poliester yang kemudian direkayasa dengan teknologi dan secara hati-hati untuk tujuan bisa menyerap kelembaban dan membuat panas berkurang.

Sepercik sejarah COOLMAX

Sebagai bahan yang populer sebagai material kaos kaki, jeans dan jenis pakaian lainnya, COOLMAX merupakan satu satunya merek dagang invista. Dulu, Invista merupakan anak perusahaan DuPont Corporation yang notabene memiliki & bertanggung jawab atas terobosan paling penting dalam rekayasa tekstil sintetis selama abad terakhir. Akan tetapi, pada tahun 2003 DuPont Textiles & Interiors memisahkan diri menjadi perusahaan independen. Sehingga, Invista pemegang satu-satunya merek dagang COOLMAX, dan tidak lagi memiliki hubungan bisnis dengan DuPont.

Ada kejadian apa setelah DuPont dan Invista pisah?

Awalnya, pada tahun 1986 menjadi mula kisah COOLMAX yang diciptakan oleh para ahli atau insinyur tekstil DuPont. Mereka berhasi mengmbangkan benang polyester baru yang bisa membuat panas dan kelembaban berkurang dari badan. Lalu, 13 tahun setelahnya, yang berwenang dari temuan ini, yakni key person dari tim DuPont Textiles & Interiors mematenkan bahan baru ini dengan nama COOLMAX. Setelah 5 tahun berlalu, cabang DuPont Corporation direorganisasi dan lahirlah Invista dengan tujuan untuk melindungi hal yang sangat berharga yakni hak kekayaan intelektual merek COOLMAX.

Bagaimana COOLMAX bisa populer meski ada wol merino, pesaingnya?

Awal pemasaran COOLMAX, wol Merino adalah pesaing langsung karena sifatnya yang menyerap kelembaban dan cepat kering. Namun, dengan struktur fisik serat COOLMAX yang secara cepat mendorong keluarnya kelembaban dari kulit dan panas ke permukaan kain, COOLMAX makin dikenal dan populer oleh konsumen.

Karena dikenal sebagai alternatif wol yang ringan namun tetap tahan lama, COOLMAX makin melejit di era 2000-2010. Sekarang, Invista sebagai anak perusahaan dari Koch Industries, mendapat manfaat banyak dengan jaringan pabrik perusahaan induk baru mereka yang tersebar luas di Amerika Serikat, Kanada, Cina, dan tempat lainnya.

Apakah COOLMAX  akan redup?

Meski banyak yang menggunakan sebagai material kaos kaki, jeans, atau baju, namun karena COOLMAX merupakan serat sintetis, sehingga beberapa mulai menurun kepopulerannya. Namun, serat COOLMAX adalah unik, maka tentu saja tetap dibutuhkan sampai masa mendatang. Untuk menjawab masalah ini, COOLMAX sudah mengeluarkan COOLMAX Eco Friendly yang terbuat dari material Recycle dan disebut Coolmax EcoMade Technology.

Produksi Coolmax melalui 4 tahap

4 Tahap tersebut yakni Polimerisasi, Pemintalan lelehan, Drawing dan Weaving. By The Way, serat poliester ternyata merupakan zat yang berasal dari zat batubara dan minyak bumi. Dalam Proses ini mencampurkan dimetil tereftalat dan etilena glikol untuk menciptakan zat polimer cair yang bening. Lalu setelah dingin dan dipotong tipis, lanjut ke tahap kedua yakni proses pemintalan lelehan eksklusif. Dalam proses ke dua, COOLMAX Invista menggunakan pemintal yang menghasilkan serat berbentuk unik dan khas Invista. Selanjutnya, dalam tahap drawing, serat ditarik dan direnggangkan sehingga pada tahap akhir yakni Weaving, serat bisa dililit untuk siap digunakan.

Ada berapa jenis COOLMAX?

Ada 5 jenis Coolmax yakni Coolmax all season, Coolmax Core, Coolmax Natural Touch, Coolmax EcoMade, dan Coolmax Air.

Digunakan Untuk apa saja Coolmax?

Meski populer untuk bahan pakaian, namun COOLMAX juga populer untuk digunakan dalam bahan alat rumah tangga dan olahraga. Contohnya yakni sleeping bag dan sebagai bantalan sadel untuk berkuda.

Berapa harga COOLMAX?

Untuk ukuran COOLMAX, serat ini sebenarnya sama dengan serat lain secara harga produksi. Namun, karena sudah paten mereknya, maka apapun yang menggunakan COOLMAX pasti akan lebih bernilai. Selain itu, jika dibandingkan dengan pesaingnya, COOLMAX memiliki harga yang lebih kompeten.

Apa dampak Coolmax pada lingkungan?

Setiap produksi memiliki konsekuensi. Akan tetapi, COOLMAX begitu hebat dengan terobosan mereka melalui COOLMAX EcoMade, yakni dengan  mengelola produknya agar mampu mengurangi dampak lingkungan.

Dengan 10 jawaban tentang COOLMAX di atas, semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu. Apakah kamu tahu bahwa StayCool juga menggunakan bahan yang sustainibility? Yang bisa di daur ulang dan berasal dari serat kayu alami hutan? Cek artikel di link berik. 

COOLMAX COLLECTION

 

 



Read more

Berlari Saat Puasa: 5 Tips Lari Aman dan Menyenangkan

Berlari Saat Puasa: 5 Tips Lari Aman dan Menyenangkan

Bagi sebagian orang, ide bergerak aktif seperti berlari di bulan puasa merupakan hal yang sedikit aneh. Kenapa berlari di bulan puasa? Bukankah mereka akan merasa lapar dan haus yang berlebihan. La...

Read more
Kenapa lari makin populer dan banyak orang melakukannya?

Kenapa lari makin populer dan banyak orang melakukannya?

Lari makin popule karena lari memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk kesehatan, tapi juga untuk menenangkan pikiran.

Read more