Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Efektif, Biar Anak Betah Memakai Masker!

Efektif, Biar Anak Betah Memakai Masker!

Efektif, Biar Anak Betah Memakai Masker!

Pertanyaan yang umum dan selalu sama, “sampai kapan kita memakai masker?” Ketika masker sudah menjadi kebutuhan, adakah peluang di tahun 2021 bahwa melakukan kegiatan di publik tanpa harus mengenakan masker?

Untuk mengingat kembali, virus Corona masuk ke Indonesia yakni 2 Maret 2020 dan WHO menetapkan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sebagai pandemi dan pada tanggal 31 Maret 2020. Merujuk pada pandemi ini, pemakaian masker di Indonesia disarankan dan bahkan diatur dalam surat edaran direktur jenderal kesehatan masyarakat nomor HK.02.02/I/385/2020 yakni tentang penggunaan masker dan penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS) untuk mencegah penularan COVID-19.

Terkait sampai kapan sebenarnya harus memakai masker, sebelum itu lebih baik  merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Peraturan ini sudah jalan satu tahun, namun apakah masih sama saja keadaan kita dan tetap harus memakai masker?

Menurut Pakar  Pakar Imunologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr dr Agung Dwi Wahyu Widodo MSi MKedKlin yang dilansir dari JawaPos, mengatakan bahwa meski vaksinasi COVID-19 telah dijalankan, namun pemakaian masker dibutuhkan hingga empat tahun mendatang. Meski belum bisa disimpulkan, sampai kapan kita harus pakai masker namun lebih baik pakai masker dengan aman dan nyaman kan?

Nah, memakai masker sudah dibiasakan untuk satu tahun ini. Tapi, yang sudah biasa adalah para remaja dan dewasa, namun bagi anak-anak, apakah mereka sudah bisa dan biasa? Berikut ini adalah beberapa tips yang dilansir dari berbagai sumber agar bisa membuat anak mau dan betah memakai masker.

Beritahu pentingnya memakai masker

Komunikasikan dengan baik alasan memakai masker agar mereka tidak terpapar infeksi Corona. Jika anak-anak 1-2 tahun, maka buat sesederhana mungkin dalam menyampaikan. Dan gunakan bahan masker yang lembut dan menarik perhatian agar anak-anak tertarik untuk memakainya.

Jadikan diri sendiri contoh memakai masker yang baik dan benar

Karena anak-anak masih sering mengikuti tingkah laku orang dewasa, jadi sangat penting untuk menjadikan diri sendiri panutan dalam memakai masker dengan benar. Misalnya, setiap keluar rumah selalu siap sedia memakai masker, dan jangan lupa untuk cuci tangan setelah. Kebiasaan kecil ini akan menjadi tontonan si kecil, sehingga anak akan melihat dan menirunya.

Gunakan masker yang cocok untuk anak

Jika masker nyaman dan pas untuk anak, maka mereka akan betah memakainya. Jangan gunakan masker dewasa karena ukuran jelas beda dan akan menyulitkan anak untuk memakainya.  Masker yang dikhususkan untuk anak, lebih lengkapnya ada di link berikut ini.

Sediakan masker dengan motif menarik

Agar makin tertarik memakai masker, sediakan masker dengan warna dan desain menarik. Buat anak memilih masker sendiri, yang sesuai dengan ketertarikannya. 

Apresiasi

Setelah berhasil memakai masker dari awal sampai pulang, beri apresiasi agar anak makin semangat. Sehingga meningkatkan kepercayaan diri untuk melakukan lagi.

 

Memang, selain mencontohkan untuk terbiasa memakai masker, gambar dan warna masker yang “lucu” lebih mudah membuat anak tertarik untuk memakainya.

 

sumber foto: unsplash.com

 

Read more

A Guide For StayCool Rookie

A Guide For StayCool Rookie

Preferensi setiap orang berbeda, tapi ada satu yang sama, bingung memilih atau memutuskan satu dari banyak pilihan yang keren semua. Nah, berikut ini adalah sedikit tips dari kami agar kamu bisa me...

Read more
StayCool Women, Why Seems Different?

StayCool Women, Why Seems Different?

i’m fine thank you, and you Kalimat diatas merupakan template perkenalan bahasa inggris yang mendunia dan abadi sepertinya. Tapi, untuk perkenalan dengan StayCool Women tidak perlu template, jadi k...

Read more