Tak Sekedar Suka, Yuk Kenali Momen Penting Skateboard Dari Masa Ke Masa

Skateboard bukan sebatas olahraga, hobi, atau bahkan gaya hidup. Bukan pula sekadar menurunkan papan dan menaikinya sambil berkeliling dan melakukan trik. Namun, melatih kita untuk menjadi manusia yang selalu berusaha, tak mudah menyerah, dan konsisten. Bahkan, hal baik ini membuat skateboard digandrungi bukan hanya anak muda, tetapi para orang tua yang kini mulai banyak yang mengijinkan anaknya untuk bersekolah skateboard.

Meski olahraga ekstrem, namun dengan persiapan matang dan porsi berlatih yang tepat, skateboard bisa begitu menyenangkan. Tak ayal, skateboard menjadi populer di kalangan apapun, di Indonesia dan di berbagai negara di seluruh dunia.

Sebagai penggemar skateboard, yuk kita lihat bagaimana perkembangan skateboard dari masa sebelum 90-an dan setelah 90-an. Lalu, apa hubungannya dengan old skool?

Skateboard Sebelum 90-an

Di tahun 1950an, skateboarding sama dengan surfing. Kok bisa? Iya, karena orang-orang lebih familiar dengan surfing yakni selancar di laut. Meski begitu, orang-orang mulai tertarik untuk melakukan selancar di darat yakni di jalan aspal. Sehingga, skateborder pada masa ini disebut juga “asphalt surfer” karena memindahkan surfer di laut menjadi di darat.

Di awal 1950, tepatnya di California dan Hawai, papan skateboard baru dikembangkan dengan jenis papan surfer yang lebih pendek dan roda skateboard dibuat dari metal tanpa bantalan. Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana sulitnya?

Namun diakhir 1950-an, inilah momen puncak skateboard! Momen pasca perang sangat mempengaruhi ekonomi Amerika dan membuatnya pulih dan membaik. Sehingga banyak industri mainan yang makin sadar pentingnya papan roda. Dan Roller Derby adalah pembuka jalan bagi para trik dan manuver skateboard dengan meluncurkan papan skateboard versi pertama yang lebih mulus untuk melakukan flip dan downhill.

credit : https://longboardbrand.com/skateboard-history-timeline/ | https://www.skatedeluxe.com/blog/en/wiki/skateboarding/history-of-skateboarding/ 

Kapan Momen Populer Skateboard?

Tahun 1959-1965 inilah momen populer skateboard di Amerika dan momen ini merubah skateboard sebagai mainan menjadi sebuah peralatan olahraga. Dengan populernya ini, 1966 lahirlah Vans sebagai sepatu yang mendukung para pemain skateboard seluruh dunia. Termasuk Etnies, Converse, DC shoes membuat alas kaki yang berkaitan denga skate. Dan dilaksanakan juga kontes skateboard pertama di Hermosa Beach 1963.

Credit: https://id.pinterest.com/pin/429882726904950313/

Inilah Momen “WOW” Pemain Skateboard

Menjadi tahun bagi skater menunggangi dengan mulus. Di tahun 1972, Frank Nasworthy memulai perusahaan Cadillac wheels dengan material baru yang membuat gaya bebas dan downhill berada diperforma terbaiknya.

Moment "eurekaskate adalah tahun 1978. Alan Gelfand menemukan manuver populer dan sulit yang revolusioner, yakni “ollie” sebagai trik besar ditemukan. Dan inilah kelahiran skateboard di jalanan.

Credit: https://backsideskatemag.com/ollie/

Kemudian, di tahun 1981 majalah Thrasher didirikan untuk skateboard jalanan dengan slogan “Skate and Destroy” dan makin menyeruak toko kecil yang membuat populeritas skateboarding terus tumbuh. Lalu, mulai pertengahan 80-an, skateboard bisa mendatangkan banyak uang sebagai pemain skateboard profesional dan makin pesatnya berkembangan industri skateboard seperti bintang bisbol dan sepak bola.

Skateboard Setelah 90-an

Meski Dengan makin majunya teknologi, skate tetap eksis dan tak kalah. Dan dipertengahan masa 90-an, acara X Games diluncurkan yang makin membuat skateboard makin umum di seluruh dunia. Jadi, sekarang skateboard makin berkualitas dan pemain profesional makin baik. Seperti Nyjah Huston, Eric Koston, Paul Rodriguez, Andrew Reynolds, Ryan Sheckler atau Torey Pudwill. Dan di masa ini, skateboard sudah menjadi olahraga profesional.

Credit: http://www.xgames.com/xgames/gallery/12786605/image/

Skateboard dan Old Skool

Dalam Urban Dictionary, istilah 'old skool' sebenarnya mengacu pada 'old's kool', atau 'old is cool', yang berarti bahwa apa pun dari masa lalu itu keren. Meski sebenarnya istilah ini lebih identik pada brand sepatu (Vans) karena pada masa lampau para pemain skateboard menggunakan sepatu brand ini ( jenis “old skool”) yang sengaja diciptakan untuk bermain skateboard.

Akan tetapi, gaya old skool tetap bisa kita bangun pada penampilan kita tanpa perlu memakai sepatu tersebut. Bagaimana caranya?

Untuk membangun nuansa old skool, fashion statement yang perlu diperhatikan adalah pada aksesoris alas kaki, yakni kaos kaki dengan gaya bergaris klasik. Untuk memudahkan kamu menata tampilan klasik ala old skool, kamu bisa memilih secara praktis melalui jajaran Basic Classic dan Basic Oldskull StayCool di bawah ini.

OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET
OLDSKULL  SUNSET

OLDSKULL SUNSET

OLDSKULL  HYPE
OLDSKULL  HYPE
OLDSKULL  HYPE
OLDSKULL  HYPE

OLDSKULL HYPE

CLASSIC SPRING
CLASSIC SPRING
CLASSIC SPRING
CLASSIC SPRING

CLASSIC SPRING

OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE
OLDSKULL  HAZE

OLDSKULL HAZE